Jumat, 09 Juli 2010

Keistimewaan Waktu Sepertiga Malam

Sepertiga malam adalah waktu yang istimewa. Bahkan bisa dibilang waktu yang paling istimewa dibanding dengan waktu lainnya selama 24 jam. Sepertiga malam juga merupakan waktu dimana puncak dingin dalam 24 jam. Dengan kata lain, selama sehari semalam, waktu yang paling dingin adalah sepertiga malam.
Itu mengapa membuat kita malas bangun dan justru membetulkan selimut untuk kembali tidur lagi. Tapi memang, tidur paling nyenyak juga di saat sepertiga malam. Kita harus mengacungi jempol, kalau perlu dua jempol, spesial untuk mereka yang bisa dan terbiasa bangun di sepertiga malam.
Hmm… tapi apa sih yang dilakukan di sepertiga malam? Bangun di sepertiga malam banyak keuntungannya. Bisa dikatakan ‘rugi’ kalau melewatkan waktu ini begitu saja. Meski mungkin diantara kita bangun di sepertiga malam hanya untuk pergi ke kamar mandi. Yup, tetap harus kita beri penghargaan. Biar bagaimanapun juga namanya juga bisa bangun di sepertiga malam yang kata orang waktu paling berat untuk bangun tidur meninggalkan mimpi indah.
Banyak alasan orang rela bahkan terbiasa bangun di sepertiga malam. Jawabannya hanya satu, karena waktu ini begitu istimewa. Tapi diantara kita memiliki alasan berbeda-beda untuk bengun di sepertiga malam.
Bagi para penjual atau pedagang di pasar, waktu ini adalah waktu untuk mempersiapkan dagangannya. Bangun kesiangan sedikit saja, rezeki juga akan berkurang. Jadi, mau tidak mau, harus membiasakan diri bangun di waktu ini dan bersiap mencari rezeki.
Ada juga yang tidur lebih awal dan memasang alarm demi bisa bangun di sepertiga malam. Bahkan juga mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan di waktu itu. Biar begitu bangun, langsung memantapkan tujuan dan menikmati apa yang sudah disiapkan seperti makanan ringan ditemani dengan televisi tercinta. Yups, banyak diantara kita bangun di sepertiga malam untuk menonton siaran langsung acara favorit mereka. Biasanya sepak bola. Apalagi saat ini sedang trend nya piala dunia dan sebagian besar manusia di bumi ini terserang demam bola. Atau bagi pecinta kebudayaan, mereka biasanya menonton wayang yang mana di waktu ini kebetulan sekali adalah bagian ‘goro-goro’ (rangkaian alur dari pertunjukan wayang) yang paling ditunggu-tunggu.
Koneksi internet di sepertiga malam bertambah cepat dibanding waktu lainnya. Tidak menutup kemungkinan bagi penggila internet, dibela-belain bangun di sepertiga malam untuk mengakses internet meski hanya sekedar membuka facebook.
Otak juga akan lebih fresh di waktu sepertiga malam. Itu mengapa banyak orang yang menggunakan waktu ini untuk belajar. Didukung dengan suasana yang sunyi dan udara terasa lebih dingin (tidak panas) membuat otak kita lebih cepat connect dengan apa yang kita pelajari saat itu. Banyak para cendekiawan memanfaatkan waktu ini untuk mempelajari ilmu dan menemukan penemuan yang akan dikenang orang sepanjang sejarah. Bagaimana dengan kita? Apakah kita juga tidak mau kalah menggunakan waktu ini untuk belajar? Sudah siapkah kita untuk menorehkan tinta emas untuk agama dan negara…
Diantara banyak pilihan aktivitas yang dapat dilakukan di sepertiga malam, ada satu aktifitas yang sangat mulia karena waktu ini begitu mulia untuk dilewatkan. Begitu mulianya, Allah SWT sampai perlu menekankan bahwa Dia “turun” di sepertiga malam untuk menghampiri hamba-hamba-Nya yang terjaga untuk beribadah. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa saat subuh adalah saat-saat pergantian para malaikat untuk melaporkan amal-amal menuju langit.
Sholat malam atau biasanya disebut dengan sholat tahajud adalah aktifitas yang paling mulia dan utama diantara aktifitas lainnya. Rasanya sayang sekali, apabila sudah bisa bangun di sepertiga malam tapi meninggalkan ibadah ini begitu saja. Beraktifitas seperti yang sudah tertulis diatas boleh saja, tidak ada yang melarang. Tapi alangkah lebih baik, sebelum beraktifitas dengan agenda masing-masing alangkah lebih baik menjalankan ibadah sholat tahajud terlebih dahulu. Diantara kita mungkin beralasan bahwa wudhu adalah bagian yang paling berat untuk menjalankan ibadah sholat tahajud. Memang benar, ingat juga, bahwa waktu itu adalah puncak dinginnya malam. Tapi bagi mereka yang bisa melewati tantangan terberat ini, ada nilai tambah tersendiri dan Allah akan mengangkat derajatnya.
Maka, bagi yang mengaku JAGOAN, beranikah mengambil tantangan berat ini???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar